Sabtu, 11 Desember 2010

Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa STIE-MCE

Motivasi adalah sekelompok faktor yang menyebabkan individu berprilaku dalam cara-cara tertentu. Motivasi ini ada pada diri kita sendiri dan tentunya antara individu satu dan yang lainnya berbeda-beda. Selain motivasi, kinerja individu juga dapat dilihat dari kemampuan dan sumber daya individu. Motivasi dibedakan menurut tujuan dan kepentingannya tergantung dari konteks pribadi individu.Misalnya bagi seorang pelajar, tentunya motivasi belajar yang diprioritaskan ada pada dirinya selain juga dalam hal yang lannya.

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA
          Motivasi belajar merupakan kendala bagi sebagian besar kalangan pelajar terutama mahasiswa. Mahasiswa merupakan level pelajar yang paling tinggi, tentunya pembelajarannya lebih susah dibandingkan jenjang-jenjang sebelumnya. Untuk itu motivasi belajar sangat diperlukan.

Apa yang mempengaruhi motivasi belajar ??
Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar dapat dibedakan menjadi dua, yaitu faktor internal dan eksternal.

FAKTOR INTERNAL, merupakan sesuatu yang berasal dari dalam diri manusia itu sendiri,seperti :

  1. Percaya diri, dalam hal ini percaya akan kemampuan diri kalau kita bisa.
  2. Kesadaran akan pentingnya belajar. Jangan jadikan belajar itu sebagai kewajiban yang harus dilakukan, tapi jadikan belajar sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi.
  3. Semangat belajar, apabila dalam diri telah timbul semangat belajar, tentunya mudah untuk membangkitkan motivasi belajar kita.
  4. Kesadaran diri, dalam konteks meyakini bahwa semua itu harus dilakukan untuk mencapai apa yang kita inginkan.
FAKTOR EKSTERNAL, merupakan sesuatu yang berasal dari luar diri manusia,seperti :
  1. Pergaulan, teman-teman juga dapat mempengaruhi motivasi belajar. Apabila teman-teman kita mempunyai keinginan belajar yang kuat, tentunya hal tersebut dapat memepengaruhi kita.
  2. Lingkungan sekitar.Lingkungan sangat mempengaruhi motivasi belajar seperti halnya apabila kita berada dilingkungan keluarga yang tidak mendukung seperti halnya keluarga yang tidak rukun tentunya membuat seseorang menjadi malas untuk belajar sehingga motivasi belajar menurun.
Namun pada dasarnya motivasi itu cenderung bergantung pada faktor internalnya. Seseorang yang sudah memiliki kepercayaan diri, semangat belajar yang tinggi, kesadaran akan pentingnya belajar dan keseriusan diri tentunya faktor eksternal akan dapat dihadapi dengan mudah dan tidak akan mempengaruhi motivasi belajar kita.

Untuk meningkatkan semangat belajar, hal yang perlu dilakukan antara lain :
  • Dalam pergaulan pilihlah juga teman yang rajin belajar , pintar serta yang mempunyai semangat belajar yang tinngi tentunya lama kelamaan kamu akan terbawa kebiasaannya.
  • Jangan berkata tidak bisa atau tidak menyukai suatu mata kuliah sebelum kamu memulainya.Itu berarti kamu telah menanamkan pada diri terutama otak kamu untuk selamanya tidak menyukai mata kuliah tersebut. Seberapa hebat dosen, dan seberapa bagus pembelajarannya, itu semua tidak akan berpengaruh pada peningkatan akademismu.Jadi jangan katakan tidak sebelum kamu mencoba,ok??!
  • Carilah hal-hal yang menyenangkan saat kamu belajar agar kamu tidak merasa jenuh dalam belajar.Kejenuhan akan membuat semangat belajarmu turun dan akhirnya akan mengganggu motivasi belajarmu.Buat segalanya menjadi menyenangkan dan tidak perlu dijadikan beban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar